Eviyana Hadiri Rakor TIMPORA

Tubaba ( Humas ) — Selasa 13 Oktober 2020,  Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tulang Bawang Barat, melalui Kasubbag TU Dr. (Cand). Hj. Eviyana, S.Ag., M.Pd.I menghadiri Kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) yang dilaksanakan di Hotel Le Man Kabupaten Tulang Bawang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kotabumi Lampung Utara.

Kegiatan ini diikuti oleh Forkopimda Plus dan Badan Kesbangpol yang merupakan perwakilan dari 3 kabupaten yaitu Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sejumlah 50 orang. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini selain untuk mengawasi orang asing dan orang hilang juga untuk meningkatkan senergitas antara anggota tim sebagai langkah menjaga stabilitas keamanan akibat upaya pengaruh orang asing.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan ini Dr. (Cand). Hj. Eviyana, S.Ag., M.Pd.I mewakili Kepala Kankemenag Tulang bawang Barat menerima plakat dari Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kotabumi Lampung Utara.

Tugas TIMPORA berdasarkan Permenkumham No. 50 Tahun 2016 adalah memberikan saran dan pertimbangan kepada instansi dan/atau lembaga pemerintahan, terkait mengenai hal yang berkaitan dengan Pengawasan Orang Asing. Selanjutnya TIMPORA berdasarkan Permenkumham No. 50 Tahun 2016 mempunyai fungsi: 1.) melakukan Koordinasi dan pertukaran data dan informasi, 2.) Pengumpulan informasi dan data keberadaan orang asing secara berjenjang dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten sampai dengan provinsi, 3.) Analisa dan evaluasi terhadap data / informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan orang asing serta membuat peta pengawasan orang asing, 4.) Penyelesaian permasalahan keberadaan dan kegiatan orang asing, 5.) Pelaksanaan dan pengaturan hubungan serta kerja sama dalam rangka pengawasan orang asing, 6.) Penyusunan rencana operasi gabungan yang bersifat khusus atau insidental termasuk rencana operasi mandiri setiap instansi anggota Tim Pora, 7.) Dan pelaksanaan fungsi lain yang ditetapkan oleh ketua Tim Pora berkaitan dengan pengawasan orang asing. (Ali)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *