Eviyana – Hadiri Sosialisasi Kerukunan di Uluan Nughik Tubaba

Tubaba ( Humas ) — Kasubbag. TU Kankemenag. Kab. Tulang Bawang Barat Dr. Hj. Eviyana, S.Ag., M.Pd.I mewakili Kepala Kantor Kemenag Kab. Tulang Bawang Barat menghadiri undangan Sosialisasi Kerukunan. Sosialisasi tersebut bertempat di Uluan Nughik yang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Kabupaten Tulang Bawang Barat tepatnya di Tiyuh Panaragan Jaya Kec. Tulang Bawang Tengah. Sosialisasi berlangsung pada hari Selasa, 20/10/2020.

Dalam sosialisasi tersebut turut hadir Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan, S.E., M.M., perwakilan FKUB Prov. Lampung Dr. I Wayan Mustika, M.Si., perwakilan Kanwil Kemenag Prov. Lampung Hj. Istutiningsih, S.Sos., M.Kom.I dan H. Solihin, M.Ag., Kepala Kesbangpol Tubaba H. A. Marwazi, S.E., M.H., Kabag. Kesra Tubaba  serta peserta dari pengurus FKUB lintas agama di kabupaten Tulang Bawang Barat.

Bacaan Lainnya
Dokumen Kemenag Tubaba

Dalam sambutannya Muhyiddin Pardi selaku ketua FKUB Tulang Bawang Barat menjelaskan hampir 11 tahun FKUB Tubaba berbuat untuk Tubaba, tetapi jalan yang dibuat tidak kelihatan seperti pembangunan fisik di Tubaba. Jalan yang diambil FKUB adalah jalan yang tidak terlihat yaitu kampung abadi esok (surga untuk umat islam). FKUB berbuat tanpa berfikir ada atau tidaknya biaya operasional, yang penting adalah kita berbuat untuk bangsa. “FKUB bertanggungjawab terhadap 812 Mushola, 412 Masjid, 58 Gereja Kristen, 23 Gereja Khatolik, 6 Vihara, dan 50 Pura. Semuanya dalam pantauan FKUB Tubaba”. Katanya.

Selanjutnya Muhyiddin Pardi menyampaikan dalam melaksanakan misi FKUB memiliki tanggungjawab besar menjadikan masyarakat Tubaba ini bermartabat dan agamis serta memiliki visi, misi yang sama dalam membangun keanekaragaman di Tubaba yang kita cintai ini. Intinya bagaimana masyarakat Tubaba ini menjalankan ibadah dengan nyaman dan aman di masing-masing tempat ibadah.

Sambutan berbeda disampaikan oleh Fauzi Hasan kunci dasar kerukunan adalah melakukan koordinasi dan komunikasi antar tokoh lintas agama. Jadi ketika ada gejala-gejala sebelum membesar dan menimbulkan perpecahan akan langsung dikomunikasikan, dirapatkan sehingga dapat ditemukan jalan keluar. Ini adalahh kunci dasar yang sudah berjalan baik sehingga kabupaten Tulang Bawang Barat ini aman dan tentram. Dan ini harus karena salah satu prasyarat untuk membangun adalah keamanan.

“ Fauzi Hasan mewakili Pemerintah Daerah Kab. Tulang Bawang Barat dan atas nama Bupati mengucapkan terima kasih atas partisipasi secara langsung dan tidak langsung dalam pembangunan di Tulang Bawang Barat ini, dan marilah kerbersamaan ini kita rawat dan kita jaga sehingga pembangunan di Tubaba lebih baik lagi ”. Ujarnya.

Dalam sambutan lain Wayan Mustika mengatakan salah satu kunci kerukunan, keamanan dan kenyamanan adalah kebersamaan. Kebersamaan berbangsa suku dan ras serta kebersamaan berbagai agama. ”FKUB menjadi sarana komunikasi dan tuntunan edukasi melalui kegiatan-kegiatan tradisional dalam meningkatkan kerukunan”. Paparnya. (Mai/Esw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *