Wanita Hindu Dharma Indonesia Kab. Tubaba Selenggarakan Rakor Dan Pembinaan Rutin Anggota

Tubaba ( Humas )— Wanita Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Tulang Bawang Barat melaksanakan rapat koordinasi  bersama seluruh anggota se-Kabupaten Tulang Bawang Barat. Acara tersebut berlangsung di ruang rapat (sekretariat bersama) WHDI Ds. Tirta Makmur Tulang Bawang Tengah pada Senin (19/10/2020). Diikuti seluruh Pengurus dan anggota dari masing-masing perwakilan Kecamatan di Tulang Bawang Barat Hadir Ketua WHDI Galuh Agustina, Spd.H, Penyuluh Agama Hindu Kab. Tubaba Eko Sriwulan, S.Ag, dan Pengurus Harian WHDI Kabupaten.

Rakor dipimpin Langsung Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia Galuh Agustina, dalam arahan dan sambutannya Galuh mengatakan tujuan dari pembinaan terhadap  Pengurus dan anggota WHDI ini adalah untuk dapat mengetahui serta memonitor sejauh  mana WHDI Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam pencapai program WHDI dapat berjalan serta untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapidi dalam pelaksanaan tugas-tugas organisasi di WHDI. Selanjutnya kesiapan seluruh pengurus dalam menyambut Loka Saba yang dilaksanakan pada Tahun 2021, Galuh meminta agar seluruh pengurus dapat mensukseskan agenda 3 tahunan WHDI. Siapa pun nanti ketuanya kita dukung dengan sepenuh hati dan seluruh pengurus yang akan dilantik dapat mengemban tugas dengan lascarya/ikhlas.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan yang sama setelah kegiatan rakor diisi dengan penyampaian bimbingan dan penyuluhan kepada WHDI yang disampaikan oleh Penyuluh Agama Hindu Kabupaten Tulang Bawang Barat, Eko Sriwulan, S.Ag. Dalam materinya Wulan menjelaskan sebagai Wanita Hindu Dharma harus selalu   semangat dalam melaksanakan tugas dan kewajiban. Kita sebagai wanita Hindu harus senantiasa menjalankan Swadharma kita dan bhakti kita, untuk itu Wanita Hindu agar senantiasa terus belajar dan melatih diri melalui kesempatan yang ada, tidak ada kata terlambat  untuk bisa memanfaatkan waktu belajar agama maupun wawasan yang lain.

Dokumen Kemenag Tubaba

Wulan  memaparkan salah  satucara agar wanita Hindu dapat berkembang mandiri, dan belajar melatih diri bagaimana bersosialisasi di masyarakat serta memiliki pengetahuan maka harus mengikuti organisasi WHDI. Oleh karena Wulan menghimbau agar menggunakan kesempatan yang baik ini untuk meminit diri kita sendiri, keluarga, dan waktu untuk berorganisasi. Dalam kesempatan itu pula  Wulan menyampaikan, melalui kegiatan Pembinaan ini dapat melihat dan memantau secaralangsung perkembangan organisasi WHDI yang sudah berjalan tiga tahun ini. Diharapkan para anggota dapat berperanaktif dalam menggali berbagai informasi global terkait perkembangan dunia dan isu global yang membahas tentang peranan wanita.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa percayadiri, kemandirian dan keyakinan para perempuan Hindu dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Yang dapat dicapai yaitu pembentukan dan peningkatan budi pekerti, keyakinan, kemandirian dan peranan perempuan dalam masyarakat.  Kemandirian  itu bisa berupa Kewirausahaan, Peranan Perempuan Hindu dalam pelaksanaan Upacara sehari-hari dan berkala, peranan perempuan Hindu dalam keluarga, etika kepribadian serta dharma gita.  “Harapannya semua program kerja WHDI Kabupaten Tubaba dapat berjalan dan terlaksana dengan baik dan terarah untuk permasalahan-permasalahan yang dihadapi dapat dirumuskan kebijakan yang efektif untuk menyelesaikan permasalahan dan program kerja yang mengalami kendala,”UngkapWulan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *