Pembinaan Aparatur Sipil Negara dan Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah Oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Lampung

Tubaba ( Humas )— Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung  Drs. H. Juanda Naim, MH melaksanakan silaturahmi, pembinaan aparatur sipil negara (ASN) dan Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat Senin (26/10/20). Drs. H. Juanda Naim, MH didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat H. Helmi, S.Ag.,S.Pd., M.M buka secara resmi kegiatan Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah. Bertempat di aula Gedung PLHUT diikuti oleh seluruh ASN, Kepala KUA, Kepala Madrasah Negeri, Pengawas, Penyuluh, Penghulu dan Guru DPK di Sekolah Negeri. Dihadiri Oleh Kepala Sub Bag Tata Usaha Dr. Hj. Eviyana, S.Ag., M.Pd.I, Kepala Seksi PHU Nuning Herwiyati, M.Pd.I, Kasi Bimas Islam, Efrizon, S.Ag., MH, Kasi Pendis H. Hisbullah Safari, S.Ag.

Dokumen Humas Kemenag Tubaba

Diawali dengan sambutan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat H. Helmi, S.Ag.,S.Pd., M.M, seraya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung beserta jajaran yang telah hadir dan memberikan pembinaan ASN dan Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kemudian Helmi menyampaikan maksud dan tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini dan melaporkan jumlah peserta yang hadir sebanyak 45 orang. Acara dilanjutkan dengan Sambutan pembinaan kepada ASN dan Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat oleh Drs. H. Juanda Naim, M.H sekaligus membuka Kegiatan. Mengawali sambutannya Juanda Naim menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat atas sambutan yang diberikan.

Bacaan Lainnya
Dokumen Humas Kemenag Tubaba

Lebih lanjut Juanda mengatakan 120 hari masa kerja, lebih 100 hari target yang ingin dicapai banyak romantika dan problemantika dalam menjalankan kememimpinan.  Tolak ukur keberhasilan dalam menjalankan program kerja Kementerian Agama, di Provinsi Lampung Khususnya ASN Kemenag Tulang Bawang Barat yang turut membantu menjalankan roda pelayanan bagi masyarakat. Kerja sama dari seluruh pihak inilah yang harus diciptakan agar terjalin kerja sama dan kebersamaan dalam melaksanakan pekerjaan yang diemban secara amanah. Walau banyak konflik perlu adanya solusi dan pemecahan, Tuhan mentakdirkan ujian maupun kebahagiaan ketetapan Tuhan tidak ada yang tak baik segala peristiwa pasti ada hikmahnya. Sama halnya dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat setelah dibentuk membutuhkan sinergi, saling mengingatkan ketika salah, serta menjaga kebersamaan dan kekompakkan satu sama lainnya dan berdampak memberikan yang terbaik.

Juanda menambahkan kita diajarkan untuk mensyukuri apa pun yang kita terima, karena ASN memiliki kewajiban terhadap negara dan menjalankan tupoksinya dan mengerti tugas kita agar sesuai dengn tujuan dan regulasinya. Juanda menekankan kepada semua ASN agar memiliki jiwa mengabdi dalam mengemban dan menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan penuh rasa keikhlasan. Setiap Aparatur Sipil Negara wajib menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal sesuai dengan Tusinya masing-masing, Dalam ASN mempunyai kewajiban untuk mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku, menjaga dan menciptakan kedisiplinan, penertiban administrasinya, dan sebagainya.

Terkait modernisasi dalam pengarsipan ditekankan agar Kemenag Kab. Tulang Bawang Barat tertib dan rapi dalam pengarsipan berkas, dibuat regulasi baru terkait modernisasi tata kelola dan sistem kearsipan. Administrasi dan manajemen perkantoran tidak lepas dari adanya tata kelola kearsipan dan tata persuratan, perkembangannya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun kemajuan teknologi dan informasi yang berkembang di era globalisasi seperti saat ini. Dengan tertibnya tata kelola kearsipan diharapkan dapat memberikan bekal untuk mengatasi tantangan yang akan muncul, khususnya dalam pengelolaan arsip dinamis atau arsip statistik. Karenanya, Pesan Juanda  “diharapkan pengelolaan kearsipan harus memahami dan menjaga dokumen-dokumen yang penting, dan diperlukan dokumen yang sifatnya penting dan rahasia yang dapat digunakan sebagai mestinya,” tuturnya. Tata persuratan sendiri tentu sangat krusial dan menentukan indah atau tidak sebuah wajah dari intansi itu, diperlukan ketelitian dan telaah yang baik dan benar, terutama pada surat yang bersifat keluar, karena surat seperti ini sangat bersifat menjaga hubungan yang baik dengan instansi, kantor atau lembaga di luar kantor Kemenag, cintailah tempat pengabdian dengan disiplin arsip.

Juanda berharap agar tercipta kerjasama semua ASN agar dapat melayani, pesannya cintai tempat tugas dari Kemenag Kabupaten atau Kota maupun Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, karena kita satu gerakan. Dengan 5136 ASN seluruh Lampung diharapkan dapat menjaga marwah kementerian Agama. ASN juga memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan kompetensi, potensi, kreativitas, dan berinovasi dalam menjalankan tusinya sebagai ASN Kementerian Agama. Oleh karena itu, Juanda mengapresiasi dan memberikan kesempatan bagi ASN untuk mengembangkan potensi diri dan terus berinovasi sebagai ASN Kementerian Agama serta mengajak kepada seluruh ASN bisa memfungsikan tugas pokok kita sebagai keluarga besar Kementerian Agama. Curahkan pikiran untuk Institusi kita, Juanda sangat mensupport program-program yang ada di Madrasah, maka Kepala Madrasah sebagai Manajernya harus memberikan program-program unggulan bagi anak-anak Madrasah. Sehingga anak-anak akan memberikan kontribusi terkait prestasi. Sebagai kata penutup Juanda mengingatkan kembali lakukan hal yang baik terkait layanan dan tupoksi, Kantor Kemenag Kabupaten Tulang Bawang eksis karena kerjasama. (Esw/Mai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *