Eviyana Membuka kegiatan Assesmen Kompetensi guru,kepala dan pengawas madrasah

Tubaba ( Humas ) – Kepala SUB Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, Dr. Hj. Eviyana S.Ag., M.Pd.I menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan asesmen kompetensi guru, kepala madrasah ,dan pengawas madrasah yang dilaksanakan di Halaman MAN1 Tulang Bawang Barat, Kamis (19 November 2020). Acara tersebut dihadiri  oleh Kasi Pendis, H. Hizbullah Safari, S.Ag, Ketua Pokjawas H. Mahput, S.Pd.I, Kepala MAN 1 Tubaba Imam Kahfi, S.Pd dan peserta Asesmen Guru, Kepala Dan Pengawas Madrasah. Adapun peserta Assesmant berjumlah 196 orang peserta dengan 2 tempat yaitu di MAN 1 Tubaba sebanyak 141 orang dan MAN 2 Tubaba sebanyak 55 orang.

Dokumen Humas Kemenag Tubaba

Dalam sambutannya, Eviyana menyampaikan tujuan diadakan kegiatan assesmen diantaranya:

Bacaan Lainnya
  1. Memperoleh informasi tentang gambaran umum kompetensi guru, kepala madrasah sesuai standar yang ditetapkan.
  2. Mendapatkan peta sebaran dan kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah dalam menentukan jenis pembinaan professional guru, kepala dan pengawas madrasah, dalam program pengembangan profesi yang berkelanjutan.
  3. Tersusunnya instrument assesmen kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah yang akan dijadikan rapor kompetensi semua pihak terkait dalam menyusun kebijakan pengembangan profesionalan guru,kepala dan pengawas madrasah.
Dokumen Humas Kemenag Tubaba

Lebih lanjut Eviyana menegaskan bahwa kualitas atau keprofesionalan guru sangat di tuntut, apalagi kedepannya bila ada regulasi terkait dengan ketentuan berdasar asesmen, tidak asing lagi karena memang assesman bertujuan bagi pengembangan professional secara berkelanjutan bagi guru, kepala dan pengawas madrasah. Pemerintah telah menganggarkan bagi guru dengan anggaran cukup banyak, oleh karena nya hasil yang dicapai harus lebih oftimal. Sebagaimana diketahui sasaran kegiatan assesmant kompetensi guru,kepala dan pengawas madrasah adalah semua guru,kepala dan pengawas madrasah pada semua jenjang mulai dari MI,MTs,MA/MAK. Adapun manfaat dari assessment ini bagi Guru, Kepala Dan Pengawas Madrasah adalah hasil assessment merupakan informasi bagi guru , kepala dan pengawas madrasah terhadap kompetensi yang dimiliki sehingga bisa digunakan sebagai dasar untuk memprioritaskan supaya dalam meningkatkan kompetensinya secara mandiri atau bersama-sama. Sedangkan bagi Madrasah hasil assessment membantu pengelola madrasah untuk mengetahui peta kompetensi guru serta sebagai bahan dalam menyusun rencana pengembangan madrasah terutama dalam meningkatkan sumber daya manusia di madrasah sesuai dengan visi dan misi madrasah. Selanjutnya bagi Kementerian Agama, hasil assessment kompetensi guru,kepala dan pengawas madrasah digunakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama untuk menyusun rencana penyelenggaraan PKB diwilayahnya., kemudian dilaporkan dan dikoordinasikan Kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi melalui Bidang Pendidikan Madrasah. (Nf/Hrd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *