DWP Kemenag Kab. Tubaba Ikuti Peringatan Isra Mi’raj

Tubaba (Humas) -, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP)Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, Ny. Heryawati M Isa bersama anggota mengikuti acara peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad saw 1442 H dengan tema “Peristiwa Isra Mi,raj Sebagai Motivasi Dalam Membangun Moderasi Beragama” melalui virtual Zoom Meeting bertempat dirunag Kepala Sub bagian Tata Usaha Jumat, 19 Maret 2021.

Sebagai Penasehat DWP Kementerian Agama RI Ny. Eni Yaqut Cholil, menyampaikan bahwa peristiwa Isra Mi,raj selain bernilai historis, merupakan peristiwa penting dari hambanya yang sangat istimewa yaitu Rosullulah Muhammad saw yang merupakan suri tauladan bagi setiap Muslim. Ny. Eni mengharapkan dengan peringatan Isra Mi,raj akan semakin meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah dan meneladani Rosulullah saw.

Bacaan Lainnya

Sementara Prof. Dr. Quraish Shihab sebagai nara sumber menyampaikan ada tiga istilah yang harus dibedakan dalam memahami moderasi beragama, (1) Agama, (2) Ilmu Agama, (3) Beragama. Agama Islam bersumber dari Allah dan Rasul-Nya yang ajarannya sudah sempurna bersumber dari Alquran dan Sunah Rosulullah saw. Ilmu agama lahir dari pemahaman teerhadap ajaran Agama. Seperti Imam Syafii, Imam Maliki yang menemukan ilmu-ilmu agama dari memahami Alquran dan Sunah /Hadist Rosulullah saw. Sedangkan beragama merupakan praktek yang meliputi Agama dan Ilmu Agama. Selanjutnya  Prof. Quraish menjelaskan tentang moderasi beragama. Moderasi berarti tidak ekstrim, wasathiyah atau pertengahan atau seimbang. Moderasi beragama merupakan inti pemahaman Agama yang antara lain seimbang antara dimensi akal dan dimensi spiritual. (Nf/Esw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *