Seksi Bimas Islam Gelar Pembinaan PAI

Tubaba (Humas) – Untuk meningkatkan kinerja Penyuluh Agama Islam dalam menerapkan moderasi beragama, Seksi Bimbingan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat mengadakan  pembinaan Penyuluh Agama Islam , di aula PLHUT, 25 maret 2021. Acara tersebut bertemakan “Pengarusutamaan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan” dan  dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama , H. M. Isa, S.Ag., M.Pd.I.  Adapun narasumber pada acara pembinaan ini adalah Kepala Kantor Kemeneg Kab Tulang Bawang Barat, Kapolres Tulang Bawang Barat dan Jajaran Bidang Penaiszawa Dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Lampung. Acara Pembinaan diikuti oleh 70 peserta yang merupakan Penyuluh Agama Islam Non PNS, beserta Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Dalam materinya, M. Isa  menyampaikan tentang misi Menteri Agama  Yaqut Cholil Qoumas yaitu 1.Pelayanan kepada masyarakat,2. Moderasi Beragama 3. Persaudaraan ukhuwah islamiyah. Selanjutnya, M. Isa  juga memaparkan akan tugas dan fungsi dari Penyuluh Agama Islam yang harus terus membekali diri , karena Penyuluh merupakan perpanjangan dari Kementerian Agama. Oleh karena itu Penyuluh diharapkan bisa memberikan pencerahan atas permasalahan yang terjadi di masyarakat antara lain masalah sosial yang terkait ahlaq, moral, dan perilaku umat beragama dimana mereka ditugaskan.

Bacaan Lainnya

Narasumber selanjutnya, yaitu  Kepala Kepolisian Resort Tulang Bawang Barat, AKBP. Hadi Saeful Rahman, S.IK, menyampaikan bahwa negara Indonesia mempunyai  wawasan nusantara yang  mempunyai 2 bagian yaitu Trigatra dan Pancagatra. Trigatra ini meliputi, kekayaan geografi, kekayaan alam  dankekayaan penduduk. Sedangkan Pancagatra meliputi ideologi, politik,sosial budaya,ekonomi, dan pertahanan keamanan. Bangsa Indonesia dikenal  sebagai bangsa yang religius sekaligus majemuk, oleh karena itu dirumuskan cara pandang , sikap dan praktik beragama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum, dengan prinsip adil, berimbang dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa dan bernegara.

Pada kesempatan yang sama, H. Hizbullah Safari, S.Ag. sebagai Kasi Bimas Islam juga memaparkan Sosialisasi Laporan Online Penyuluh. Dalam paparannya, beliau meminta penyuluh untuk mengunggah laporan-laporan kegiatan yang dilakukan di wilayah kerjanya. (Nf/Bm).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *