Ka. Kankemenag Tubaba Membuka Kegiatan Pembinaan Pemuda Hindhu

Tubaba (Humas) -, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. M. Isa, S.Ag., M.Pd.I., membuka acara Pembinaan Pemuda Hindhu dalam Pencegahan Intoleransi Antar Umat Beragama Kabupaten Tulang Bawang Barat, dengan mengusung tema “Merajut Keberagaman Untuk Memperkokoh Toleransi Antar Umat Beragama”, Jum’at 25 Juni 2021, bertempat di Gedung PLHUT.

Acara tersebut dihadiri oleh Kasi Penyuluh Agama Hindhu Kantor Wilayah Provinsi Lampung yang di wakili oleh Bibit Hariyadi, S.Ag., para Penyuluh Agama Hindhu dan para peserta Pembinaan Pemuda Hindhu.

Bacaan Lainnya

M. Isa dalam arahannya memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut dan harapan kedepannya semoga acara tersebut berlangsung secara berkesinambungan . Selanjutnya M. Isa menyampaikan toleransi, yang meliputi 3 hal yaitu: (1). Toleransi Intern umat beragama, (2). Toleransi Antara Umat Beragama, (3). Toleransi Antara Umat Beragama Dengan Pemerintah. Makna toleransi antara lain sikap menahan diri saling menghormati, saling memahami terhadap perbedaan. Selanjutnya M. Isa menyampaikan kehidupan akan menjadi damai apabila setiap orang meyakini bahwa perbuatan kebaikan akan selalu dibalas dengan kebaikan, dan perbuatan yang jahat akan ada pula balasannya, oleh karena nya setiap pemeluk agama untuk berbuat baik kepada siapapun dan kapanpun.

Dikesempatan yang sama, Ketua Pokjaluh Agama Hindhu Kabupaten Tulang Bawang Barat, Eko Sriwulan, S.Ag., menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan tersebut yaitu: (1). Meningkatkan kerukunan antar umat beragama, (2). Memberikan pengetahuan kepada pemuda tentang toleransi agar menciptakan harmonisasi melalui pembangunan kerukunan umat beragama, (3). Menebarkan kedamaian untuk menciptakan perdamaian, (4). Memberikan pembinaan kepada pemuda agar memiliki energi positif yang tertanam untuk melakukan kegiatan positif dan kreatif dan menebarkan kebajikan di lingkungannya, (5). Melestarikan nilai kearifan lokal dalam kehidupan bermasyarakat dalam menciptakan toleransi. Selanjutnya Eko Sriwulan menyampaikan jumlah peserta yang hadir dalam pembinaan tersebut berjumlah 30 peserta dari kecamatan tumijajar, tulang bawang tengah, pagar dewa dan gunung terang. (Nf/Bm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *