Pelantikan Jabatan Fungsional Penghulu

Tubaba (Humas) -, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. M. Isa, S.Ag., M.Pd.I., Didampingi Kasubbag TU, Anthon Shofari, M. Pd.I., beserta jajaran Kasi Melantik Pejabat Penghulu, Jum’at 13 Agustus 2021, bertempat di Aula PLHUT. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala KUA dan Penghulu se Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI, Nomor B-1912/Kw.08.1/1.c/Kp.07.6/07/2021 dan B- 1912/Kw.08.1/1.c/Kp.07.6/07/2021, Tanggal 16 Juli 2021. Adapun nama-nama pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya adalah:

Bacaan Lainnya
  1. Taslim Alamsyah, S, E. I., menduduki jabatan sebagai Penghulu Ahli Pertama KUA Kecamatan Tulang Bawang Tengah.
  2. Achmad Nasrudin, S. Pd. I., M. Pd., menduduki jabatan sebagai Penghulu Ahli Pertama KUA Kecamatan Pagar Dewa.

Dalam arahannya, M. Isa mengucapkan selamat kepada para pejabat Penghulu yang di lantik, semoga dapat mengemban amanah dengan baik. Selanjutnya M. Isa juga menyampaikan jabatan Penghulu mempunyai peluang sekaligus tantangan apalagi di masa pandemi covid 19. Ada beberapa hal penting sebagai bekal dalam menghadapi tantangan tersebut diantaranya: Penghulu harus mengedepankan integritas dan menghindarkan diri dari perbuatan yang tercela. Tantangan dalam kehidupan bermasyarakat harus di sikapi secara bijak karena penghulu sebagai tokoh masyarakat yang menjadi suri tauladan. Selanjutnya dalam menjalankan tugas penghulu harus paham tentang hukum-hukum islam yang terkait dengan hukum perkawinan.

Sebagai mana diketahui jabatan Fungsional Penghulu dalam PMA Nomor 11 Tahun 2020 adalah jabatan sebagai pegawai pencatat nikah atau perkawinan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, wewenang untuk melakukan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan, serta bimbingan masyarakat. (Nf/Bm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *