Seksi PHU Adakan Sosialisasi KMA No 660 Tahun 2021

Tubaba (Humas); Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. M Isa S.Ag M.Pd.I., menyampaikan laporan ketua panitia dalam acara Sosialisasi KMA Nomor 660 Tahun 2021 Tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M, di Aula MAN 1 Kabupaten Tulang Bawang Barat, Selasa, 31 Agustus 2021. Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H, didampingi Kepala Bidang PHU, Drs. H. M. Ansori., M.Kom.I, sebagai Narasumber.

M Isa, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan acara sosialisasi  adalah untuk memberikan informasi dan pemahaman yang benar sehingga masyarakat memehami secara utuh tentang pembatalan pemberangkatan ibadah haji sehingga tidak terprovokasi dengan berita hoaks yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Selanjutnya M. Isa juga menyampaikan peserta kegiatan adalah dari Penyuluh Agama, Kepala KUA, perwakilan KBIH , perwakilan jamaah haji yang akan berangkat.

Bacaan Lainnya

Acara sosialisasi tersebut juga disampaikan materi dari narasumber yaitu dari Kepala Bidang PHU Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung,  Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat dan dari Majelis Ulama Indonesia Kab.Tulang Bawang Barat.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi lampung menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag Kab Tubaba atas terselenggaranya acara sosialisasi ini.

Selanjutnya,  Kepala Kanwil juga menyampaikan bahwa pembatalan keberangkatan jemaah haji didasarkan atas beberapa pertimbangan yaitu (1). Pertimbangan kesehatan dan keselamatan jemaah haji, (2). Wabah atau pandemi merupakan sebuah ancaman bagi keselamatan jiwa, (3). pertimbangan teknis penyelenggaraan yaitu Pemerintah Arab Saudi belum membuka akses layanan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H dan pemerintah Indonesia membutuhkan ketersediaan waktu yang cukup untuk melakukan persiapan pelayanan bagi jamaah haji.

Di kesempatan tersebut Kakanwil mengharapkan masyarakat untuk tidak termakan berita hoaks dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu juga mengajak agar menyikapi dengan sabar dan ikhlas dan terus berdoa dengan ikhtiar sungguh sungguh agar wabah Covid-19 segera lenyap dari Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.

Efrizon, S.Ag., selaku Kasi PHU, saat di temui di sela acara, menyampaikan harapannya dengan adanya sosialisasi tersebut, calon jamaah haji mempunyai pemahaman yang utuh terhadap pembatalan keberangkatan haji tahun 2021. selanjutnya Efrizon berharap semoga wabah covid 19 tersebut segera berakhir, agar para calon jemaah haji bisa menunaikan Rukun Islam yang ke Lima. (Nf/Hrd).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *