Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Ke 6 Kabupaten Tubaba

Tubaba (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. M. Isa, S. Ag., M. Pd. I., beserta jajajaran Kasi, mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional ke- 6 Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Jum’a 22 Oktober  2021, bertempat di lapangan merdeka Tumijajar.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Tulang Bawang Barat, yang di wakili oleh Asisten 3 Bidang Administrasi Umum, H. Rasyidi, M. H.,

Bacaan Lainnya

Upacara peringatan Hari Santri Nasional tersebut dihadiri oleh Kabag Kesra Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kapolres, Kepala KUA, Tokoh Masyarakat, Pengasuh Pondok Pesantren, Ormas dilingkungan NU Dan Santri Pondok Pesantren Se Kabupaten Tulang Bawang Barat .

Dalam amanat Menteri Agama Republik Indonesia, yang disampaikan oleh Rasyidi menyampaikan, sejak di tetapkan pada Tahun 2015 setiap tahun kita menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini mengangkat tema, Santri Siaga Jiwa Raga.

Adapun maksud dari Santri Siaga Jiwa Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia.

Selanjutnya, Rasyidi menyampaikan, tema ini menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi covid seperti ini, dimana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protocol kesehatan 5 M dan 1 D.

Santri Siaga jiwa raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan ilmu dan akhlak melaikan juga Tazkiyatun Nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan cara di gembleng melalui berbagai tirakat lahir dan batin yang di amalkan dalam kehidupan sehari-sehari.

Di akhir sambutan Rasyidi mengucapkan selamat hari santri, semoga santri selalu siaga dan bisa berpegang teguh pada nilai aqidah dan ajaran islam rahmatan lil alamin.

Upacara hari santri tersebut di akhir dengan do’a dan pembagian piagam dan piala lomba dari berbagai macam cabang perlombaan.(Nf/Bm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *