Pembukaan Program PKB Guru Dan Tendik Madrasah Oleh Ka. Kankemenag Tubaba

Tubaba (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. M. Isa, S.Ag., M.Pd.I., didampingi Kasi Pendis Hj. Nuning Herwiyati, M. Pd. I., membuka Program PKB Guru dan Tendik Madrasah Pada KKM, MGMP, Dan KKG di Kabupaten Tulang Bawang Barat,  Rabu 03 November 2021, bertempat di Aula Plhut.

H. Imam Kahfi, M. Pd. I, dalam laporan mewakili panitia, menyampaikan acara tersebut di dasarkan pada Undang- undang RI No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Adapun tujuan program tersebut: (1). Sebagai pengambil kebijakan di Kementerian Agama untuk mendukung pengembangan profesional guru madrasah berbasis KKG/MGMP/MGBK, (2). Pengelolaan KKG/MGMP/MGBK untuk menyelenggarakan kegiatan secara mandiri, bermutu, terarah, berjenjang dan berkelanjutan.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, Imam Kahfi juga menyampaikan, adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 88 orang, dari 5 pokja yang terdiri dari Pokja KKM MA 15 orang, MTs 22 orang, MI 15 orang, MGMP Bahasa Indonesia 20 orang dan KKG MI 15 Orang.

Dikesempatan yang sama, Nuning  selaku ketua DCU menyampaikan, program ini adalah dari Dirjen Pendis Kementerian Agama RI yang merupakan bagian dari program madrasah Reforms dengan nama program “Madrasah Refrom Realizing Education’s Promise dan Madrasah Education Quality Reform (REF-MEQR) yang bertujuan melakukan reformasi terhadap kualitas pendidikan madrasah.

Untuk itu, Kepada semua peserta selamat bertugas bagi semua pokja, selamat mengikuti kegiatan PKB, semoga barokah dan ilmunya bermanfaat, “Imbuh Nuning.

M. Isa dalam membuka acara tersebut menyampaikan, 4 Kompetensi yang wajib dimiliki seorang guru yaitu : (1). Kompetensi Pedagogik : Kemampuan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik, (2). Kompetensi Kepribadian: berkaitan dengan karakter  personal. Dimana guru harus mencerminkan kepribadian positif dan berakhlak mulia, (3). Kompetensi Profesional: kemampuan yang wajib dimiliki supaya tugas-tugas guru bisa di selesaikan dengan baik, (4). Kompetensi sosial: berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum, baik itu dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat luas.

Acara tersebut di akhiri dengan do’a dan penyematan kartu peserta tanda di buka nya program PKB Guru dan Tenaga Pendidikan Madrasah. (Nf/Bm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *