Majukan Madrasah, Pesan Kakankemenag Tubaba dalam Pembinaan Guru

Tubaba (Humas) – Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat menyelenggarakan Pembinaan Guru Madrasah,  Selasa, 15 Februari 2022, bertempat di Aula PLHUT. Acara ini dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. M. Isa, S. Ag., M. Pd. I.

Dalam laporannya, Kasi Pendis menyampaikan tujuan pembinaan guru madrasah, antara lain 1)Memberikan bimbingan dan pembinaan tentang proses pembelajaran yang efektif dan berkualitas di masa pandemi Covid-19.  2) Memberikan bimbingan dan pembinaan pengelolaan lembaga pendidikan islam yang berkualitas dan mampu bersaing dalam perkembangan dunia luar. 3) Memberikan Bimbingan dan pembinaan tentang pengelolaan data dan sistem informasi pada lembaga pendidikan islam. 4) Memberikan bimbingan dan pembinaan tentang Juknis Pos penyelenggaraan ujian, Juknis BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Juknis PPG (Pendidikan Profesi Guru), Informasi SIMPATIKA, Juknis Perpanjangan Ijin Operasional RA/Madrasah dan Pengelolaan Data EMIS.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, Nuning menyampaikan peserta kegiatan tersebut berjumlah 50 orang peserta yang terdiri dari, 12 Kepala RA, 14 Kepala MI, 12 Kepala MTs, 12 Kepala MA.

Adapun Narasumber dan materi dalam pembinaan tersebut, yaitu: H. M. Isa, S. Ag., M. Pd. I., Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat dengan materi Kebijakan Pemerintah Tentang Pendidikan Islam.  Hj. Nuning Herwiyati, Kasi Pendis dengan materi Isu Strategis Pendis 2022, Penguatan Data dan Sistem Informasi Madrasah, Program Simpatika 2022, Izin Operasional dan Pendirian Madrasah, serta BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

Dalam paparannya, M. Isa menyampaikan Peraturan Pemerintah RI Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan yang mencakup Standar Kompetensi lulusan, standar isi, standar Proses, standar Penilaian pendidikan, standar tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

Kemudian, M. Isa juga menyampaikan terkait  Penguatan Pendidikan Karakter  (PPK) di madrasah yang sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 2 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter yang bertujuan Peningkatan Penerapan nilai-nilai agama dan Pancasila dalam Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

“Guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya dan mempunyai  kemauan yang kuat untuk memajukan madrasah.”, harap M. Isa di akhir paparannya. (Nf/Bm).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *