Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 1443 H

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat menyelenggarakan Bimbingan Manasik Haji Tahun 1443 H / 2022 M, dengan tema “Dengan Manasik Kita Capai Haji Mandiri Untuk Meraih Haji Mabrur”, Rabu, 25 Mei 2022, bertempat di Aula PLHUT.

Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Tahun 1443 H / 2022 M, secara langsung dibuka oleh Pj. Bupati Tulang Bawang Barat, yang diwakili oleh Asisten 3 Bidang Administrasi Umum, H. Rasidi, M. H., didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. M. Isa, S. Ag., M. Pd. I.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam acara Bimbingan Manasik Haji tersebut, Kapolres, Ketua DPRD Tulang Bawang Barat, Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Lampung yang diwakili oleh Sub Koordinator Bina Haji, Wiwit Akhor Sudiono, S. Ag., Kabag Kesra, Kasubbag TU Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, Anthon Shofari, M. Pd. I., Kepala KUA Se-Kabupaten Tulang Bawang Barat, Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), dan Jamaah Calon Haji Tahun 1443 H / 2022 M.

Dalam laporannya, Efrizon, S. Ag., M. H., selaku Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, menyampaikan tujuan diadakannya bimbingan manasik haji ini adalah untuk memberikan bekal tentang penyelenggaraan ibadah haji, memberikan keterampilan dan kemampuan tentang pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan buku manasik haji, memberikan pengetahuan, kemampuan tata cara kesehatan dan keselamatan dalam pelaksanaan ibadah haji, serta memberikan informasi, gambaran situasi, kondisi yang akan terjadi baik selama diperjalanan ataupun selama ditanah suci.

Selanjutnya, Efrizon juga menyampaikan bahwa peserta Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Tulang Bawang Barat berjumlah 107 jamaah, terdiri dari laki-laki 51 Jamaah Calon Haji perempuan dan 56 Jamaah Calon Haji laki-laki, yang berasal dari 8 Kecamatan se-Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Adapun kegiatan bimbingan manasik haji tersebut berlangsung selama 2 hari, tanggal 25 sampai dengan 26 Mei 2022.

Dikesempatan yang sama, H. Rasidi dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut menyampaikan ucapan selamat kepada Jamaah Calon Haji yang akan berangkat memenuhi panggilan untuk menjadi tamu Allah. Beliau berpesan kepada Jamaah Calon Haji agar tidak lupa berdoa untuk kemajuan Kabupaten Tulang Bawang Barat dan terbebas dari Covid-19.

Lebih lanjut, H. Rasidi juga berpesan kepada Jamaah Calon Haji dapat bersungguh-sungguh menjalankan ibadah haji nanti di tanah suci, niatkan dari hati tujuan kita berangkat ketanah suci yaitu untuk beribadah, agar menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

Untuk diketahui, materi pada Bimbingan manasik haji Kabupaten Tulang Bawang Barat meliputi Kebijakan Pemerintah Arab Saudi tentang Penyelenggaraan Haji Dan Umrah oleh Sub Koordinator Bina Haji, Wiwit Akhor Sudiono, S. Ag., Kebijakan Pemerintah Indonesia tentang Penyelenggaraan Haji Dan Umrah oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. M. Isa, S. Ag., M. Pd. I., Alur Pelayanan Ibadah Haji oleh Ketua IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kab. Tulang Bawang Barat Drs. Kh. Muhyidin Pardi dan Kebijakan Pelayanan Kesehatan Haji oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat. (Bm/Hrd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *