Wujudkan Satuan Pendidikan Ramah Anak, Seksi Pendis Kankemenag Tubaba Adakan Bimtek

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Bertempat di Aula PLHUT, melalui Bidang Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Konvensi Hak Anak (KHA) dengan tema Disiplin Positif dan Mekanisme Penanganan Kasus Dalam Mewujudkan Satuan Pendidikan Ramah Anak (SRA), Tingkat RA dan Madrasah dalam lingkup Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, Senin 27 Juni 2022.

Acara bimbingan teknis tersebut dibuka langsung oleh Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Dra. Bayana, M. Si, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. M. Isa, S. Ag., M. Pd. I, dan dihadiri Kepala Dinas PPPA Kabupaten Tulang Bawang Barat, Narasumber Fasilitator Nasional SRA, Ketua LPAI, Kasubbag TU, Para Kasi, Pokjawas, Kepala RA, MI, MTs se- Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Bacaan Lainnya

Kasi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, selakku Ketua panitia kegiatan, Hj. Nuning  Herwiyati, M. Pd. I., melaporkan bahwa kegiatan bimtek ini bertujuan untuk mewujudkan percepatan pengembangan sistem pendidikan ramah anak pada satuan pendidikan di lingkungan kantor kementerian agama dan sebagai salah satu pemenuhan indikator dalam kabupaten/kota layak anak.

Nuning juga melaporkan bahwa peserta kegiatan adalah kepala Madrasah yang terdiri dari 30 Orang kepala RA, 16 Orang Kepala MI, dan 22 orang kepala MTs. Kegiatan bimtek akan diselenggarakan selama 3 hari, yaitu pada 27-29 Juni 2022.

Kemudian, dalam sambutannya Dra. Bayana, M. Si., menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara bimtek ini. Beliau juga menyampaikan bahwa tugas mulia para pendidik di madrasah dengan tulus ikhlas akan memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat, yang tidak bisa dipetik langsung hasilnya tetapi bisa sepuluh atau dua puluh tahun yang akan datang.

Dalam bimtek tersebut juga menghadirkan narasumber: 1. Kasi kelembagaan KSKK Kementerian Agama RI, Dr. Zulkifli, Fasilitator Nasional SRA Bekti Prastyani, S. Pd dan Ahmad Asari, S. Pd.

Adapun materi yang disampaikan diantaranya: 1. Kebijakan satuan pendidikan ramah anak (SRA) Kementerian Agama RI, 2. Kebijakan satuan pendidikan ramah anak (SRA) Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, 3. Konveksi Hak Anak, 4. Implementasi satuan pendidikan ramah anak, 5. Disiplin positif satuan pendidikan ramah anak, 6. Mengenal standarisasi satuan pendidikan ramah anak (SRA).

Dalam kesempatan yang sama, dilaksanakan deklarasi satuan pendidikan ramah anak oleh seluruh peserta kegiatan sebagai bentuk komitmen untuk menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab dilingkungan madrasah. (Nf/Bm).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *