Penuh Haru dan Khidmat, Jemaah Haji Tubaba Tahun 1443H/2022M Tiba di Islamic Center

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Sebanyak 106 Jemaah Haji, 1 Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD), dan 1 Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 1443H/2022M, tiba di Islamic Center Tubaba dengan selamat, Jum’at, 22 Juli 2022.

Kedatangan Jemaah Haji Tubaba disambut langsung oleh Pj. Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat, Dr. Zaidirina, SE.,M.Si. didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama, H. M. Isa, S,Ag., M.Pd.I. Ketua dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Forkopimda, Para Asisten dan Staf Ahli Setdakab, Kepala OPD/Badan/Bagian, Kepala MUI, Ketua Baznas, Ketua TP-PKK, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Tulang Bawang Barat, dan Keluarga Jemaah Haji Tubaba.

Bacaan Lainnya

Dalam laporan TPHD Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. Rohmadi, S.Ag. disampaikan bahwa 106 Jemaah Haji, 1 TPHD, dan 1 TPIHI yang tergabung dalam Kloter JKG13 telah tiba dengan selamat tanpa kekurangan suatu apapun. Seluruh rangkaian Ibadah haji ini difasilitasi dan dibantu juga oleh Ketua Regu dan Ketua Rombongan, sehingga semua Jemaah berhasil menjalankan rangkaian ibadah haji, baik itu yang wajib maupun rukun haji, terlepas dari kondisi kesehatan para Jemaah Haji.

“Terimakasih kepada Pemerintah Daerah, Kankemenag Kabupaten Tulang Bawang Barat, dan semua pihak yang terlihat dalam pemberangkatan hingga pemulangan Jemaah Haji Tubaba Tahun 1443H/2022M sehingga berjalan dengan lancar”, Tambah Rohmadi.

Dalam sambutannya, Zaidirina mengucapkan selamat datang kepada paraJemaah Haji Tubaba dan bersyukur atas terlaksananya ibadah haji dan dapat kembali ke kampung halamannya tanpa kurang suatu apapun. “Semoga semuanya mendapatkan predikat haji yang mabrur dan ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Mabrur cirinya adalah menjadi lebih baik dari segi apapun”, ucap Zaidirina.

Lebih lanjut, Zaidirina mengingatkan adab bagi Jemaah haji yang baru pulang dari tanah suci sebelum masuk ke rumah dan berkumpul dengan keluarga seperti yang ada dalam buku manasik haji dan umrah Kementerian Agama, yaitu:

  1. Sebelum tiba kerumah seluruh Jemaah haji dianjurkan melaksanakan sujud syukur dan shalat 2 rakaat di masjid atau mushala terdekat dari rumah
  2. Meminta ampun dan mendoakan orang-orang yang ikut menjemput dan menyambut sebelum masuk ke rumah.
  3. Melapor lalu berobat ke Puskesmas atau rumah sakit setempat bagi Jemaah haji yang sakit dalam waktu 14 hari sejak kedatangan
  4. Melapor ke Puskesmas setempat jika dalam waktu 14 hari Jemaah haji tidak sakit
  5. Meningkatkan iman, takwa, dan kepedulian sosial, serta bergabung dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) yang ada di daerah masing-masing sebagai upaya untuk melestarikan kemabruran ibadah haji.

Kemudian, acara penyambutan kedatangan Jemaah haji Tubaba Tahun 1443H/2022M diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh Ketua Kloter JKG 13, H. Hizbullah Safari, S.Ag. yang berlangsung dengan penuh rasa haru dan khidmat.

Selanjutnya, Jemaah Haji Kabupaten Tulang Bawang Barat dipandu oleh Panitia Penyambutan Pemulangan Jemaah Haji untuk diserahkan kepada keluarga masing-masing. (Nf/Bm).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *