Menjadi Pelopor Pegiat Moderasi Beragama, Kakankemenag Tubaba Hadiri Pokja Moderasi Beragama

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat H. M. Isa, S.Ag. M.Pd.I., menghadiri Pengukuhan Kelompok Kerja Moderasi Beragama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Selasa 02 Agustus 2022, bertempat di Ruang Rapat Hotel Emersia, Bandar Lampung.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung H. Puji Raharjo, S.Ag., S.S., M.Hum dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Prof, Dr. H. Nizar Ali, M. Ag, Kabag TU Drs. H. Marwansyah, seluruh Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota se Prov Lampung, para Kasubbag TU, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab/Kota se Prov Lampung, para Kepala Bidang, Pembimas, Subkor dan beberapa Tokoh Lintas Agama se Prov Lampung.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana diketahui, moderasi beragama adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan bernegara.

Sementara itu M. Nizar Ali, Sekjen Kemenag RI, menyampaikan dalam memperkuat muatan moderasi beragama, terdapat beberapa pesan dasar yang perlu terus digaungkan yaitu: Menjaga keselamatan jiwa, Menjunjung tinggi keadaban mulia, Menghormati harkat martabat kemanusiaan, Memperkuat nilai moderat, Mewujudkan Perdamaian, Menghargai kemajemukan, dan Menaati komitmen Berbangsa.

Dikesempatan yang sama, Kepala Kanwil Kemenag Prov. Lampung, Puji Raharjo menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah menjadikan para petinggi pada Kankemenag sebagai pelopor dan pegiat moderasi beragama di wilayahnya masing-masing. Beliau juga  mengingatkan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag Provinsi Lampung agar Moderasi Beragama menjadi ruh dalam seluruh sikap dan tindakan. (Nf/Bm).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *