Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara, DWP Kankemenag Tubaba Ikuti Pemeriksaan Tes IVA dan Sadanis

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, Hj. Heryawati M. Isa, S.Pd.I, beserta pengurus DWP lainnya mengikuti kegiatan pemeriksaan Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) yang diselenggarakan oleh DWP Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 Tahun, Rabu 10 Agustus 2022, bertempat di Aula Saibatin.

Acara tersebut diikuti oleh seluruh DWP Kantor Kementerian Agama se Provinsi Lampung dan dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia, sebagai pelaksanaan program DWP Kemenag RI.

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui test Inspeksi Visual Asam Asetat atau IVA merupakan pemeriksaan secara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin, Sedangkan Sadanis atau Periksa Payudara Klinis, merupakan deteksi kanker payudara dan kemungkinan untuk menghindarinya, dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih.

Ketua DWP Kanwil Kemenag Propinsi Lampung Ny. Mardhoti Puji Raharjo mengajak ibu-ibu Dharma Wanita agar menjaga kesehatan dirinya, sehingga tidak perlu takut untuk mengikuti pemeriksaan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Hj Heryawati menyampaikan bahwa mengikuti test IVA dan Sadanis besar manfaatnya, karena tumbuhnya kesadaran akan kesehatan dan secara lebih dini bisa mengetahui kondisi kesehatan organ reproduksi para ibu. (Nf/Hrd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *