Kakankemenag Tubaba Hadiri Kegiatan Konsolidasi Kelembagaan Memperkuat Revitalisasi KUA

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Dalam rangka pelaksanaan Revitalisasi Kantor Urusan Agama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. M. Isa, S. Ag., M. Pd. I, menghadiri acara Konsolidasi Kelembagaan Memperkuat Revitalisasi KUA yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamis 25 Agustus 2022, bertempat di Merlyn Park Hotel Jakarta.

Dalam Konsolidasi Kelembagaan tersebut sambutan Menteri Agama diwakili Staf Ahli Bindang Hukum dan HAM, Prof.DR. Abu Rokhmad, M. Ag.

Bacaan Lainnya

Beliau mengingatkan bahwa KUA merupakan ujung tombak layanan Kemenag yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karenanya bahwa program Revitalisasi KUA merupakan program prioritas. Terdapat perubahan yang signifikan dari pelayanan KUA kepada masyarakat. Hal tersebut tidak hanya sebatas laporan, namun benar terukur dan dilaksanakan.

Abu Rokhmad menyampaikan harapan Menteri Agama supaya semua pihak memantau dan memastikan program perioritas ini bisa berjalan dengan baik mulai dari lini bawah sampai dengan atas. Lebih lanjut beliau menyampaikan supaya pelayanan KUA kepada masyarakat agar ditingkatkan secara maksimal, sehingga indeks kepuasan masyarakat meningkat. Jika revitalisasi KUA berhasil, Indeks kepuasan layanan KUA naik, berarti Program Revitalisasi KUA berjalan dengan baik.

Senada dengan hal tersebut, Dirjen Bimas Islam Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, M.A, menyampaikan bahwa revitalisasi KUA telah dilaksanakan dengan menyasar 106 KUA pada Tahun 2021 dan 400 KUA pada Tahun 2022. Revitalisasi KUA disajikan dalam dua pola besar yaitu: peningkatan kualitas fisik dan non-fisik.

Adapun kualitas fisik dimaksudkan seperti rehab gedung KUA serta penyediaan alat pengolah data untuk mendukung pelaksanaan dan percepatan layanan publik. Ini sejalan dengan implementasi program prioritas transformasi digital sebagaimana arahan Menteri Agama.

Sedangkan peningkatan kualitas non-fisik mengarah pada peningkatan kapasitas kelembagaan, kompetensi SDM, dan kualitas tata Kelola.

Untuk diketahui acara Konsolidasi Kelembagaan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kepala Kantor Kementerian Agama Se-indonesia. (Nf/Hrd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *