Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun Kakankemenag: Supaya Menjadi Jamaah Yang Mandiri.

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kabupaten Tulang Bawang Barat mengadakan kegiatan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun yang dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. M. Isa, S. Ag., M. Pd. I.

Pembukaan manasik ini dihadiri oleh Kasubbag TU, Jajaran Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Lampung dan Jamaah Haji Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Bacaan Lainnya

Efrizon, S. Ag., M.H, Kepala Seksi PHU, dalam laporannya menyampaikan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal keterampilan dan kemampuan tentang pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan buku manasik, memberikan pengetahuan, kemampuan tata cara kesehatan dan keselamatan haji dalam rangka membentuk jamaah haji yang istithoah dan mandiri.

“Peserta manasik haji ini berjumlah 115 orang yang terdiri dari jamaah haji yang tertunda berangkat dan jamaah estimasi Tahun 2023”, tambah Efrizon.

Di kesempatan yang sama, M. Isa dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut berharap kegiatan bimbingan manasik haji ini bermanfaat sebagai bekal bagi jamaah supaya menjadi jamaah yang mandiri dalam melaksanakan ibadah haji.

Lebih lanjut, M. Isa juga menyampaikan materi manasik terkait dengan Hak Dan Kewajiban Jamaah Haji.

“Jamaah haji Indonesia mempunyai kewajiban untuk mentaati peraturan yang terkait dengan pelaksanaan ibadah haji, selain itu harus menjaga nama baik bangsa dan negara. Sedangkan jamaah haji mempunyai hak untuk mendapatkan pembinaan, pelayanan dan perlindungan dalam menjalankan ibadah haji”, ungkap M. Isa.

Yang tak kalah penting, M. Isa menyampaikan jamaah haji perlu diberikan bimbingan yang merupakan usaha yang dilakukan secara efektip dan efisien. Hal ini dikarenakan jamaah haji memiliki perbedaan usia, pendidikan, status sosial, kesehatan, gaya hidup, karakter, budaya dan sebagainya.

Senada dengan hal tersebut, H. Akhor Wiwit Sudiono, S. Ag. MM, Subkor Bina Haji Reguler dan Advokasi haji menyampaikan paparan dan penjelasan materi terkait dengan Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2023 dan Bimbingan Manasik.

Wiwit menyampaikan bahwa Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun dimaksudkan agar jamaah haji mempersiapkan diri dengan berbagai bekal, utamanya pengetahuan atau ilmu yang dimaksudkan agar menjadi jamaah yang mandiri dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Beliau mengingatkan pentingnya sesama jamaah untuk saling membantu, saling tolong menolong, berbagi dan memahami satu dengan yang lain.

Dalam sesi terakhir, manasik haji diisi materi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba tentang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menuju Isthitoah Kesehatan. (Nf/Hrd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *