DWP Kankemenag Tubaba Mengikuti Pengajian Nasional, Pesan Narasumber : Jangan Benturkan Agama dan Negara

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Wakil ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat Ibu Ny. Dahlia Anthon Shofari bersama anggota mengikuti Pengajian Nasional dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan Tema Terobosan Kebijakan Moderasi Beragama (TERKESIMA), yang diselenggarakn oleh DWP Kemenag RI, Senin 10 September 2022 bertempat di Aula PLHUT.

Sebagai narasumber webinar Pengajian Nasional adalah Dr H. Imam Safei M.Pd, yang merupakan  Sekretaris Pokja Moderasi Beragama Kemenag RI. Mengawali paparannya, beliau menjelaskan bahwa Moderasi Beragama merupakan salah satu program prioritas dari Kementerian Agama.

Bacaan Lainnya

Berangkat dari kesadaran bahwa Bangsa Indonesia merupakan Bangsa yang majemuk, dengan kekayaan berbagai Pulau, Bahasa ,Suku, Adat Istiadat, dan Kebudayaan. Imam menambahkan kekayaan tersebut harus dijaga dan dirawat. Terkait Moderasi Beragama, keberhasilan moderasi beragama dalam masyarakat dapat diukur dengan 4 indikator utama yaitu Komitmen Kebangsaan, Anti Kekerasan, Toleransi dan Penghormatan Terhadap Tradisi.

Menurut Imam, kita jangan membenturkan agama dan negara. Karena negara akan kuat bila pemeluk Agama tenang, dan Agama akan jaya bila Negara aman. Mencintai Agama adalah wujud ketaatan beragama. Mencintai Negara adalah bentuk kesadaran berbangsa. Pancasila meberikan landasan untuk mencintai keduanya.

Sebagaimana diketahui, Moderasi Beragama adalah cara pandang, sikap dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan mebangun kemaslahatan umum berdasarkan prinsip  adil, berimbang dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa. (Nf/Tk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *