Plt Kakankemenag Tubaba Hadiri Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor Dalam Pencegahan KtPA dan TPPO

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, Anthon Shofari, M.Pd.I, menghadiri pertemuan Koordinasi Lintas Sektor dalam Pencegahan KtPA (Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak) dan TPPO (Tinda Pidana Perdagangan Orang), yang diselenggarakan oleh Pemda Kab. Tulang Bawang Barat. Selasa 25 Oktober 2022 bertempat di Home Stay Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tulang Bawang Barat Munyati,  M. Pd.  menyampaikan, pertemuan Koordinasi Lintas Sektor ini diharapkan untuk memfasilitasi keilmuan dalam upaya pencegahan dan penanganan KtPA dan TPPO.

Bacaan Lainnya

Munyati mengharapkan dengan koordinasi ini dapat terçipta sinergi dan kerjasama antar lembaga yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Sebagai Narasumber kegiatan antara lain disampaikan oleh Toni Fisher, Koordinator PAUD Institut Lampung, Toni menyampaikan arahan kebijakan Pemerintah terkait upaya  penurunan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak. Hasil yang diharapkan adalah menurunnya jumlah perempuan dan anak korban kekerasan di desa, serta tersedianya mekanisme deteksi dini, pengaduan dan monitoring  penangana kasus.

Lebih lanjut Toni menyampaikan terkait dukungan dan penguatan keluarga masa kini dalam Perlindungan Anak, yaitu memahami anak, manjangkau hati, melibatkan interaksi spritual, mengembangkan spritual dan moral, mengelolah emosi, membangun rasa hormat, pendidikan tentang seks, memperkuat keluarga sebagai sebuah kesatuan

Seperti diketahui tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, adalah setiap tindakan yang berakibat atau mungkin berakibat kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, penelantaran, termasuk tindakan ancaman tertentu, perampasan tindakan sewenang-wenang, baik yang terjadi di depan umum maupun di kehidupan pribadi.

Rapat lintas sektoral ini dihadiri jajaran Dinas, dan Lembaga di Lingkungan  Pemerintahan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat. (Nf/Hrd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *