Kankemenag Tubaba Adakan Sosialisasi Pengelolaan Amil Zakat dan Pembentukan UPZ

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, melalui Seksi Bimas Islam mengadakan kegiatan Fasilitasi Penyelenggaraan Zakat dalam bentuk Sosialisasi Pengelolaan Amil Zakat dan Pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) bertempat di Gedung Aula PLHUT, Kamis 02 Maret 2023.

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Plt Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat Anthon Shofari, M.Pd.I dan diikuti oleh Kepala KUA serta Penyuluh Agama Islam Se-Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Bacaan Lainnya

Ketua MUI Kabupaten Tubaba KH Muhyiddin Pardi selaku narasumber menyampaikan fikih zakat dan regulasi pengelolaan zakat di Indonesia. Regulasi zakat di Indonesia antara lain: Undang-undang No 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 Tentang pelaksanaan Undang-undang tersebut.

Dalam aturan pemerintah ini yang dimaksud dengan pengelolaan zakat adalah kegiatan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengoordinasiaan dalam pengumpulan, pendistribusian dan pendaya gunaan zakat.

Selanjutnya narasumber yang kedua Ketua Baznas Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. Purwanto memaparkan sosialisasi penetapan amil pada Masjid/Mushola yang melakukan kegiatan penerimaan, pendistribusian dan pencatatan dana zakat fitrah, zakat maal, infak dan sedekah.

Disampaikan oleh Purwanto, Baznas merupakan Lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk melakukan pengelolaan zakat secara nasional, sedangkan LAZ (Lembaga Amil Zakat) merupakan lembaga yang dibentuk oleh masyarakat yang memiliki tugas membantu pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat.

Kepala Seksi Bimas Islam H. Hizbullah Safari, S.Ag memimpin jalannya acara sosialisasi dan menegaskan pentingnya pembentukan dan pengelolaan amil zakat pada Masjid dan Mushola. (Nf/Tk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *