Seksi Bimas Islam Kemenag Tulang Bawang Barat Adakan Capacity Building

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat menggelar kegiatan Capacity Building Revitalisasi dalam pemenuhan dan pengelolaan sarana dan prasaranan KUA yang bertempat di Aula PLHUT, Senin 06 Maret 2023.

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat Anthon Shofari, M.Pd.I membuka acara, dengan mengingatkan bahwa Kantor Urusan Agama (KUA) tidak hanya sebagai lembaga dalam urusan pencatatan pernikahan saja, tetapi sesuai dengan program pemerintah revitalisasi KUA mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel dan moderat.

Bacaan Lainnya

Senada dengan hal tersebut Kepala Seksi Bimas Islam H. Hizbullah Safari, S.Ag mengatakan Revitalisasi KUA diharapkan memperbarui kelembagaan KUA. Fokus revitalisasi KUA antara lain mengubah profil Layanan KUA yang selama ini bersifat dokumentasi dan administrasi menjadi berorientasi kebutuhan masyarakat.

Kasi Bimas Islam memaparkan stategi revitalisasi KUA yaitu peningkatan kapasitas kelembagaan, penyempurnaan standar pelayanan, transpormasi digital layanan, penigkatan kualistas sumber daya manusia, penguatan regulasi, penguatan dan integrasi data.

Program revitalisasi KUA tersebut diharapkan tercapainya, (1) KUA menjadi rujukan masyarakat dalam memimnta bimbingan keagmaan, (2) ASN KUA berperan mewakili kehadiran Negara untuk melayani dan bersikap moderat, (3) KUA memiliki banyak jenis layanan yang dibutuhkan masyarakat, adil dan toleran, (4) KUA memiliki early warning and respons system menjadi mata telinga pemerintah dalam mencegah konflik horizontal berbasis agama, (5) KUA berperan penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama.

Sebagaimana diketahui Revitalisasi KUA merupakan program prioritas Kementerian Agama yang diwujudkan dengan peningkatan sarana dan prasaranan, kualitas sumberdaya manusia, system informasi, dan sejumlah program di KUA yang bermanfaat bagi masyarakat. (Nf/Tk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *