Berkah Waisak Membawa Pada Kebahagiaan, Kesejahteraan dan Kedamaian

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Umat Buddha di Tiyuh Candra Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah merayakan perayaan hari Tri Suci Waisak Wu 2567 TB/2023 di Wihara Dharma Vittaka, Minggu 04 Juni 2023. Perayaan Waisak di Vihara Dharma Vittaka dihadiri oleh Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Tulang Bawang Barat Rono Suwandi, Pendeta Romo Widardi dan Romo Suwandi, Indrayani selaku Guru Agama Budha yang berada di lingkungan Kemenag Tubaba dan diikuti oleh umat Budha di Candra Kencana.

Khotbah Dharma disampaikan oleh Romo Widardi, dalam pesannya Widardi menyampaikan Hari Raya Waisak berkaitan tiga peristiwa penting, yaitu kelahiran Sidharta Gautama, Penerangan Sempurna, dan Parinibbana, yakni semua makhluk dan para dewa bersujud sebagai tanda penghormatan terakhir kepada sang Buddha. Lebih lanjut Widardi menjelaskan hari Waisak itu sebagai ungkapan rasa syukur umat Buddha yang diwujudkan dengan sembahyang dan doa. Dalam memperingati Hari Raya Waisak juga diadakan kegiatan bhakti sosial penyerahan paket sembako kepada umat budha di Candra Kencana.

Bacaan Lainnya

Membacakan pesan Waisak dari Dewan Pengurus Pusat Sangha Agung Indonesia yang disampaikan oleh Romo Suwandi, dengan tema “Harmonis Masyarakat Damai Negaranya”. Lebih lanjut Suwandi menyampaikan sebagai umat Buddha, kita hendaknya mengembangkan keharmonisan dalam diri, keharmonisan dalam keluarga dan keharmonisan dalam bermasyarakat. Buddha mengajarkan tentang praktik cinta kasih dan kasih sayang, perasaan senang melihat kebahagiaan orang lain, serta keseimbangan batin yang dikembangkan kesegala penjuru dan kepada semua makhluk secara luas, luhur, tanpa batas, tanpa permusuhan dan tanpa niat buruk.

Harmonis dalam kemajemukan yang diajarkan Buddha mengarah pada pencapaian damai dalam diri, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan damai dalam bernegara. Sebagai umat Buddha, sudah sepantasnya turut menjaga keharmonisan bermasyarakat, kita juga menjalankan himbauan pemerintah dan aturan negara dengan sebaik-baiknya, demi terciptanya negara yang teratur dan damai. Hidup harmonis dengan tanpa permusuhan, tanpa kekerasan, tanpa menyakiti, dan tanpa perselisihan serta menyadari bahwa sesungguhnya kita semua bersaudara, kita pada hakikatnya satu, kita Indonesia, kita Pancasila. Semoga berkah Waisak senantiasa melimpah kepada kita semua. Semoga berkah Waisak membawa pada kebahagiaan, kesejahteraan, kedamaian dan keharmonisan bagi kita semua, bagi Bangsa Indonesia, dan bagi seluruh dunia. (Nf/Tk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *