Penyuluh Agama Hindu Kab Tubaba Laksanakan Pemantauan Pembangunan Pura Segara Kalimiring

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Penyuluh Agama Hindu Kabupaten Tulang Bawang Barat, Eko Sriwulan, S. Ag melaksanakan kunjungan ke Wilayah Binaan di Tiyuh Murnijaya Kecamatan Tumijajar, senin 12 Juni 2023.

Kegiatan tersebut guna memantau proses Pembangunan Pura Segara Kalimiring yang diperuntukkan sebagai tempat bersembahyang pada pelaksanaan upacara Melasti, Banyu Pinaruh dan hari-hari suci lainnya.

Bacaan Lainnya

Didampingi oleh Jero Mangku Supianto, Ketua pembangunan Joko Prasetyo dan beberapa umat, Wulan melihat dan memantau langsung tukang yang sedang melaksanakan pembangunan. Perlunya pemantauan pemantau proses Pembangunan Pura Segara ini yang memperoleh bantuan dari Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI tahun anggaran 2023.

Joko Prasetyo selaku ketua pelaksana pembangunan Pura Segara Kalimiring menjelaskan bahwa dari bantuan tersebut, dimana bantuan itu akan digunakan untuk menyelesaikan pembangunan pelinggih piyasan dan tembok penyengker.  Kehadiran penyuluh, adalah untuk memastikan bantuan telah diterima dan digunakan dengan baik untuk menyelesaikan pembangunan pura.

Terlihat dari pantauan sejumlah pekerja sedang merapikan lokasi dan membersihkan areal disekitar pelinggih, sedang untuk pondasi Pelinggih sudah dibangun tinggal memasang padmasananya. Tata letak Pura berdasar asta kosala kosali yang terdiri dari tiga bagian yaitu bagian Nista mandala tempat parkir, madya mandala akan dibangun balai tempat pertemuan diskusi, rapat dan berkumpul sedangkan yang ke tiga utama mandala sebagai tempat bersembahyang. Pengerjaan pura segara yang sudah dilaksanakan pada tanggal 19 mei 2023 diharapkan segera selesai agar dapat segera dilaksanakan acara melaspas dan ngenteg linggih. (Nf/Esw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *