Jalin Silaturahmi, FKUB Kabupaten Tulang Bawang Barat Berkunjung Ke FKUB Kota Malang

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung yang terdiri dari perwakilan lima agama di Kota Malang Senin, 10 Juli 2023. Rombongan diterima langsung oleh Ketua FKUB Kota Malang H. Ahmad Taufiq, bertempat di Aula Gedung Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Malang.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan dilanjut sambutan oleh Ketua FKUB Kota Malang H. Ahmad Taufiq. Dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Rombongan FKUB Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kesbangpol dan juga dari Kementerian agama. “Mudah-mudahan silaturrahmi ini dapat bersinergi dalam menjaga kerukunan umat beragama demi utuhnya NKRI, harapnya”.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan ini FKUB Kota malang mendapat kesempatan untuk memaparkan profil dan sejarah dari Kota Malang. Dalam paparannya menjelaskan letak geografis dan demografi daerah yang sudah berdiri sejak 1 April 1914 dan sekarang sudah berusia 119 tahun tentunya umur yang sudah sangat dewasa dalam menjaga kerukunan ditengah masyarakat Kota Malang yang Hiterogen.

Ahmad Taufiq juga menjelaskan bahwa Kota Malang dirawat menjadi kota yang kondusif dengan merawat kerukunan antar umat beragamanya.

Sementara itu Ketua FKUB Tubaba H. Muhyiddin Pardi mengucapkan terima kasih atas penerimaan dan memberikan apresiasi atas kesuksusen Kota Malang didalam menciptakan kehidupan beragama yang rukun dan kondusif.

Muhiddin juga menjelaskan Bahwa FKUB Tulang Bawang Barat memiliki program dalam menjaga kerukunan umat beragama dengan cara dialog, diskusi, dan sosialisasi. Selain itu memiliki tugas khusus untuk memberikan rekomendasi terhadap pendirian rumah Ibadah, beserta permasalahan dan solusi terkait dengan kerukunan beragama, mulai dari penyelesaian konflik terkait pendirian tempat ibadah, konflik karena perbedaan pemahaman maupun konflik yang muncul yang disebabkan intoleransi.

Dikesempatan yang sama, Eko Sri Wulan selaku utusan dari Kemenag Tubaba dalam kunjungan tersebut menyampaikan bahwa saat ini Kemenag sedang mencetuskan Kampung Moderasi Beragama, sebagai langkah baik untuk menciptakan kerukunan, dengan dipilihnya Tiyuh/desa yang ada pemeluk agamanya lengkap yaitu ada Islam, Kristen, Hindu dan budha serta tersedianya Tempat ibadah seperti Masjid, Gereja, Pura dan Wihara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *