Peran KBIHU Sebagai Mitra Kerja Kantor Kementerian Agama

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh menggelar Kegiatan Pembinaan dan Rapat Koordinasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), bertempat di Aula PLHUT, Selasa 19 Sepetember 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan KBIHU dan Kepala KUA di lingkungan Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi PHU Efrizon, S. Ag, MH dalam sambutannya menyampaikan beberapa informasi terkait antara lain, kuota, info pendaftaran, dan pemanfaatan aplikasi Haji Pintar, serta pemberangkatan jamaah haji yang akan datang.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, Drs. H. Sanusi, mengawali pembinaan, menyampaikan terima kasih kepada KBIHU atas jalinan silaturahmi dan kerjasama dengan Kantor Kemenag selama ini. Keberadaan KBIHU lanjut Kepala Kantor, mempunyai peran yang penting, karena langsung berhadapan dengan jamaah haji. KBIHU sebagai mitra kerja Kementerian Agama sehingga akan mempermudah tersampaikannya semua informasi yang perlu didapatkan oleh jamaah haji.

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan, Beliau mengingatkan bahwa setiap kebijakan pemerintah dimaksudkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Begitupun kebijakan yang terkait perhajian.

Berbagai upaya pemerintah untuk memberikan kemudahan bagi jamaah haji, sehingga pelaksanaan yang terkait keberangkatan, penyelenggaraan haji dapat efektif dan efesien, seperti kebijakan Biometrik.

Selanjutnya Kepala Kantor juga memberikan materi pembinaan yang terkait Pedoman Operasional Kelompok Bimbingan yang tertuang dalam Keputusan Dirjen PHU nomor D/ 799 Tahun 2013. Dalam Kepdirjen PHU tersebut memuat antara lain tentang perizinan, kewajiban kelompok bimbingan, pelaksanaan bimbingan, pembinaan, sanksi dan penghargaan. (Nf/Tk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *