Upacara Hari Santri, Kepala Kemenag: Jihad Santri Jayakan Negeri

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Dalam rangka puncak Peringatan Hari Santri Nasional ke-8 Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, Drs. H. Sanusi, bertindak sebagai Pembina Upacara, Minggu 22 Oktober 2023, bertempat di Lapangan Marga Kencana.

Pada kesempatan tersebut, beliau membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia pada peringatan Hari Santri 22 Oktober 2022. Sanusi menyampaikan bahwa sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahun kita melaksanakan peringatan hari santri dengan tema yang berbeda.

Bacaan Lainnya

Adapun tahun ini, peringatan hari santri mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. makna tema tersebut adalah “jihad” dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara keseluruhan, yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri.

Sebagai santri, kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari.

Kita harus menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara. Oleh karena itu, mari kita renungkan dan amalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari. Perjuangan kita bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan, dan semua bentuk ketidaksetaraan. Bersama-sama, kita bisa menjayakan negeri ini dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan.

Di akhir sambutannya Sanusi menyampaikan ajakan Menteri Agama untuk bersama sama selalu berdoa agar

Allah SWT senantiasa memberikan kita petunjuk, kekuatan, dan kesabaran dalam menjalani perjuangan sebagai santri yang berkomitmen pada “Jihad Santri Jayakan Negeri.

Semoga peringatan Hari Santri tahun ini menjadi titik awal bagi kita semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama, dan bangsa. Aamiin.

Upacara hari santri ini diikuti segenap jajaran Kasi dan ASN Kantor Kementerian Agama, Pimpinan Pondok Pesantren, Pimpinan Madrasah, Santri Ponpes, Jajaran PCNU, muslimat, fatayat, IPNU, Banser dilingkungan Kabupaten Tulang Bawang Barat. 

 Untuk diketahui rangkaian kegiatan hari santri di Kabupaten Tubaba juga dilaksanakan kegiatan Cabang Perlombaan Musabaqoh Qiroatul Kutub (Mqk), Cabang Perlombaan Lomba Da’i Cilik dan Tartil Quran, Cabang Perlombaan Mini Soccer Sarung, Pawai HSN, Istighosah, serta sholawatan Bersama. (Nf/Hrd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *