Samsi: Jauhi Sifat Tergesa-gesa, Kecuali dalam Lima Hal

Tulang Bawang Barat, Kemenag (Humas) – Sikap tergesa-gesa merupakan hal yang harus dihindari karena hal tersebut berawal dari syaitan. Namun, ternyata tidak semua yang tergesa-gesa itu buruk. Bahkan, dalam ajaran agama, ada Lima perkara yang dikutip dari kitab Nashoihul Ibad karena sesungguhnya tergesa-gesa dalam hal itu merupakan sunnah Rasulullah SAW. Demikian yang disampaikan Pengawas Madrasah, H. Samsi, M.Pd.I., dalam amanat Apel Pagi, bertempat di Halaman Kantor, Senin 20 November 2023.

Adapun kelima perkara tersebut adalah: Pertama Memuliakan Tamu. Menyegerakan menjamu tamu adalah sunnah. Sunnah yang demikian ini agar mempererat persaudaraan dan saling menghormati antar sesama. Kedua Mengurus Jenazah. Bersegeralah di dalam (mengurus) jenazah. Jika ia orang shalih maka kebaikanlah yang kalian persembahkan kepadanya, tetapi jika ia tidak seperti itu maka keburukanlah yang kalian letakkan dari atas pundak-pundak kalian. Ketiga Menikahkan Anak Gadis. Tidak ada yang lebih baik selain menikahkan anak gadis dengan pasangannya jika memang sudah waktunya tanpa mengulur waktu dengan berbagai alasan. Keempat Membayar Hutang. Membayar hutang sesuai kesepakatan waktu yang telah disepakati antara kedua belah pihak adalah penting untuk segera dilaksanakan. Kelima Bertaubat. Apabila melakukan dosa atau perbuatan yang tidak disukai Allah segeralah bertaubat, jangan sampai menganggap remeh karena perbuatan dosa bisa mendatangkan murka Allah Subhanahu wa ta’ala.

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui apel tersebut diikuti oleh Kepala Kemenag, Kasubbag TU, Para Kasi, dan Seluruh ASN Kantor Kemenag Tulang Bawang Barat. Apel tersebut di akhiri dengan Do’a yang di pimpin langsung oleh Ketua Pokjawas. (Nf/Hrd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *