Upacara Harkitnas 2024, Kakankemenag Tubaba, Ingatkan Menjadi Pemain Dalam Songsong Indonesia Emas

Tulang Bawang Barat, Kemenag – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat, Drs. H. Sanusi mengharapkan agar pada Fase Kebangkitan kedua, kita menjadi pemain penting yang sangat menentukan dalam menyongsong Indonesia Emas.

Hal tersebut disampaikan oleh Kakankemenag saat menjadi Pembina Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional dengan Tema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas” yang berlangsung di MAN 1 Tulang Bawang Barat, Senin (20/05/2024).

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya, Kepala Kantor membacakan Pidato tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi. Hari ini, kutip Kepala Kantor, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional, sebuah momen bersejarah di mana Boedi Oetomo didirikan pada 20 Mei 1908. Organisasi ini menjadi pelopor semangat persatuan dan kesadaran nasional bangsa Indonesia.

“Apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai “jembatan emas”. Kemerdekaan dibayangkan Bung Karno sebagai sebuah “jembatan emas” yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri.” jelasnya.

Lebih lanjut, Sanusi mengungkapkan, bahwa kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa.

Di akhir amanat, beliau menyatakan bahwa tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”.

Sebelum disampaikan amanat, sesuai Tertib Upacara dilaksanakan Pengibaran Bendera Merah Putih bersamaan  Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, Pembacaan Teks Pancasila, dan Pembacaan Pembukaan UUD 1945.

Setelah selesai amanat pembina, Peserta Upacara Menyanyikan Lagu Nasional, Bagimu Negeri dan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa serta diakhiri dengan Pembacaan Doa. Upacara Harkitnas Tahun 2024 ini diikuti oleh  Kasubbag TU, jajaran Kasi, Pengawas, Kepala KUA, Kepala Madrasah, siswa MAN 1, dan segenap ASN di Lingkungan Kabupaten Tulang Bawang Barat. (Nf/Ea)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *